Selasa, 07 Januari 2014

Gugus Pergi (leaving group) dan Pengaruh Gugus Tetangga (neighboring groups)


Gugus pergi (leaving group) dan Partisipasi tetangga Grup

Partisipasi tetangga Group (NGP) yang diamati dalam reaksi substitusi nukleofilik, dimana sekelompok tetangga membantu dalam penghapusan kelompok meninggalkan untuk membentuk antara reaktif yang mengarah pada pembentukan produk. Peningkatan laju reaksi kimia dan hasil stereo tak terduga yang terkait dalam reaksi yang melibatkan NGP.
Sebuah atom memiliki pasangan elektron unshared dan juga hadir setidaknya beta untuk kelompok meninggalkan dapat bertindak sebagai kelompok tetangga. Juga, NGP sebagian besar diamati pada solvolisis reaksi di mana tindakan pelarut sebagai nukleofil tersebut.
Reaksi khas melibatkan NGP ditampilkan di bawah. 


 
Selama NGP, kelompok tetangga (G) menyerang pusat elektrofilik untuk menghilangkan kelompok meninggalkan (L). Hal ini menyebabkan pembentukan siklik perantara yang sangat reaktif. Ini disebut bantuan anchimeric dari kelompok tetangga. Nukleofil (Nu -) kemudian serangan ini antara untuk membentuk produk. Jika serangan itu terjadi dari karbon yang memiliki gugus lepas konfigurasi akan dipertahankan karena konfigurasi pada karbon yang akan terbalik dua kali.
Kelompok-kelompok seperti halida, hidroksida, eter, eter tio, kelompok amino, karboksilat, gugus fenil, pi-obligasi dll telah diidentifikasi untuk bertindak sebagai kelompok tetangga dalam banyak reaksi.
Beberapa contoh reaksi yang melibatkan NGP ditunjukkan di bawah ini. 
jadi bagaimana menurut anda mengenai gugus pergi dan gugus tetanga itu sendiri ? dan  apa sih yang di maksud dengan anchimeric ?


3 komentar:

  1. jika menurut saya,Pada reaksi substitusi nukleofilik, efek gugus tetangga didefinisikan sebagai gugus yang memberikan suatu reaksi intermediate yang baru pada pusat reaksi.Hasil dari efek gugus tetangga ini ialah pembentukan produk substitusi dengan konfigurasi yang berlawanan dengan konfigurasi yang seharusnya terjadi pada SN2, dimana reaksi SN2 pada umumnya membentuk konfigurasi yang berlawanan dengan substrat. Dengan adanya partisipasi gugus tetangga, konfigurasi produk sama dengan substrat.

    BalasHapus
  2. menurut saya gugus tetangga didefinisikan sebagai gugus yang memberikan suatu reaksi intermediate yang baru pada pusat reaksi. gugus tetangga berperan dalam penyerangan nukleofilik intramolekul sehingga melepaskan satu gugus sebagai gugus pergi. sedangkan anchimeric itu sendiri adalah partisipasi gugus tetangga yang dapat mempengaruhi kecepatan reaksi sehingga mempengaruhi reaksi melalui suatu jalan yang menyebabkan peningkatan kecepatan reaksi.

    BalasHapus
  3. menurut saya gugus tetangga , partisipasi gugus tetangga didefinisikan sebagai gugus yang memberi suatu reaksi1

    anchimeric itu sendiri adalah partisipasi gugus tetangga yang dapat mempengaruhi kecepatan reaksi sehingga mempengaruhi reaksi melalui suatu jalan yang menyebabkan peningkatan kecepatan reaksi.

    BalasHapus